Pada zaman
modern seperti saat sekarang ini pembelajaran komputer bagi anak usia dini
sangat berpengaruh pada aspek perkembangan anak, terutama pada kemampuan
kognitif anak atau daya rangsang pada anak agar anak dapat melatih kemampuan
berfikir untuk lebih kreatif, mengenal manfaat teknologi khususnya dalam
penggunaan komputer.
Salah satu
karakteristik penting pada anak usia dini adalah rasa keingintahuan yang sangat
besar. Seringkali mereka banyak bertanya untuk mengetahui banyak hal yang
menarik bagi mereka. Sebagai pendidik kita tidak boleh bosan dengan banyak
pertanyaan yang mereka ajukan. Terlebih jika hal-hal yang mereka ingin ketahui
termasuk hal yang baru untuk mereka. Karena proses belajar pada hakikatnya
diawali dengan rasa ingin tahu yang ada dalam diri seseorang. Tanpa adanya rasa
ingin tahu, seseorang tidak akan pernah tertarik untuk belajar. Dan pengalaman
belajar akan sangat berkesan jika anak melakukan langsung. Ajaklah anak untuk
mengamati, melihat dan menyentuh langsung obyek yang akan dipelajari. Untuk itu
tentu saja guru harus menyediakan perangkat komputer sebagai media
pembelajaran.
Pembelajaran
tentang teknologi komputer pada anak usia dini dilakukan hanya sebatas mengenal
perangkat komputer sebagai teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia.
Anak usia dini perlu mengetahui potensi yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat
komputer yang memudahkan kerja kita semua. Penjelasan tentang teknologi
komputer ini hendaknya dilakukan dalam suasana menyenangkan dan dengan bahasa
yang sederhana.
Analisis dari
artikel ”Apakah pembelajaran komputer di usia dini sudah diperlukan saat
sekarang”?
- Pembelajaran komputer di usia dini sangat diperlukan saat sekarang ini karena dengan pembelajaran menggunakan komputer pada anak usia dini dapat mengembangkan aspek perkembangan kognitif anak atau daya rangsang pada anak agar anak dapat melatih kemampuan berfikir untuk lebih kreatif, mengenal manfaat teknologi khususnya dalam penggunaan komputer.
- Anak usia dini perlu mengetahui potensi yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat komputer yang memudahkan pekerjaan kita. Misalnya dengan program aplikasi Power point, guru dapat mengajak anak untuk menggambar obyek dan mewarnainya. Mengajar anak bagaimana cara menggeser mosue dengan tepat, menggambar dan mewarnainya. Hasil pekerjaan anak akan terlihat pada layar moniotor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar